Cara Membuat Bakso Beranak dengan Mudah

Cara Membuat Bakso Beranak dengan Mudah - Bakso merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang ada di hampir seluruh daerah. Bakso merupakan olahan dari daging dicampur dengan tepung kanji atau tepung sagu tani. Daging yang umum digunakan untuk membuat bakso adalah daging ayam dan sapi, namun ada juga beberapa daerah yang membuat bakso dengan menggunakan daging babi. Akhir-akhir ini khasanah kuliner Indonesia diramaikan dengan fenomena bakso beranak. Bakso ini merupakan bakso di dalam bakso. bakso ini terkenal di seluruh wilayah seperti Batam, Medan, Jakarta, Surabaya, Banyuwangi, malang, Sidoarjo, Bandung, dan lain sebagainya.

Penjual Bakso Beranak - Selain bakso beranak, bakso yang populer dan ngetrend saat ini adalah bakso mangkok. Harga yang ditawarkan pun bervariasi mulai dari Rp 15.000 sampai dengan Rp 50.000. di Jember sendiri, stand bakso beranak masih sedikit diantaranya di Bakso Jln. Mawar balung dan di depan SMA Diponegoro Wuluhan. Selain penjual bakso resmi dalam stand, banyak penjual bakso beranak rumahan yang hanya membuat bakso ketika ada orderan dengan sistem delivery order. Nah, untuk yang penasaran berikut ini kami bagikan cara membuat bakso beranak dengan mudah tanpa ribet.
Bakso Mangkok Beranak
Bahan:
1/4 daging sapi 
5btr bwg putih
4 sdm munjung tepung sagu tani
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt baking powder
1sdt garam
1/2 bks penyedap sapi
Telur puyuh rebus

Cara Membuat:
  1. Blender daging sapi dan bawang putihdengan menambah 1/2 gls air es, sampai adonan rata (untuk air es bisa ditambah sesuai kebutuhan)
  2. Setelah halus masukkan bahan-bahan lain kecuali telur puyuh rebus, ratakan.
  3. Bentuk bakso dengan tangan dan sendok untuk membuat bakso kecil (anak)
  4. Didihkan air di panci agak banyak, setelah mendidih matikan api 
  5. Masukkan bakso kecil ke dalam panci mendidih, angkat jika sudah mengapung, lalu tiriskan.
  6. Cetak lapisan luar bakso dengan menggunakan mangkok kecil.
  7. Masukkan bakso kecil dan telur puyuh kedalamnya, lalu tutup hingga bakso kecil dan telur puyuh tidak terlihat (bakso beranak berbentuk bulat)
  8. Didihkan kembali air rebusan pentol, lalu masukkan bakso beranak ke dalamnya. 
  9. Rebus hingga matang, dan mengapung dengan menggunakan api kecil, lalu tiriskan.
  10. Bakso beranak siap disajikan.
Cetakan Bakso Beranak
Selamat mencoba

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Bakso Beranak dengan Mudah"

Post a Comment