Resep Es Pelangi by Mudzalifah Al Qibty

Resep Es Pelangi - Setelah sebelumnya Rainbow Cake alias kue pelangi sempat booming, kali ini giliran es lilin pelangi yang juga menjadi trend jajanan di kalangan bunda di rumah. Bahannya yang murah dan caranya yang simple membuat es ini banyak digemari oleh pecinta kuliner. Resep es pelangi yang akan kami tampilkan di sini adalah resep es pelangi dari bunda Mudzalifah Al Qibty dengan menggunakan bahan-bahan berupa Nutrijel, gula pasir, santan, susu kental manis, tepung maizena, dan air. Satu resep berikut dapat dijadikan 50 bungkus es lilin ukuran sedang. Bunda Muzdalifah pun menjualnya dengan harga Rp 1000 perbijinya. Es ini banyak digemari anak-anak karena harganya yang murah dan rasanya yang enak. Meski laba yang diperoleh dari hasil penjualan tidak begitu besar, namun jika dikumpulkan bisa menjadi penghasilan tambahan  untuk memenuhi kebutuhan dapur.
Es Pelangi by Bunda Muzdalifah
Resep Es Pelangi
Oleh: Mudzalifah Al Qibty

Bahan - Bahan:
15 gram Nutrijel leci 2 sachet
1/2 kg gula pasir
1 Sachet Santan KARA
1 kaleng susu kental manis
4 sdm tepung mayzena
4 1/2 liter Air ( 3 botol aqua uk 1500ml)

Cara Membuat:
  1. Rebus semua bahan sampai mendidih lalu matikan kompor 
  2. Bagi bahan yang telah direbus tadi menjadi 4 bagian (atau sesuai keinginan) 
  3. Beri pewarna makanan pada masing-masing bagian. Gunakan pewarna makanan yang aman.
  4. Dinginkan sebentar bahan yang telah diwarnai  dengan kipas angin lalu masukkan ke dalam kulkas selama 3 jam. Note: harus benar-benar dingin agar uap panasnya hilang sehingga tidak merusak kulkas. 
  5. Isikan bahan tersebut ke dalam plastik es sesuai variasi warna yang diinginkan
  6. Masukkan ke dalam freezer, es pelangi pun siap di konsumsi.
Bagaimana Memasukkan Bahan yang Sudah Mengental? - Step ke-4 dan ke-5 pada langkah-langkah di atas menimbulkan pertanyaan bagaimana cara memasukkan bahan-bahan yang berwarna-warni yang telah dimasukkan kulkas selama 3 jam itu ke dalam plastik namun tidak mengental. Perlu kita tahu, setelah dimasukkan kulkas selama 3 jam tentunya bahan es tadi mengental dan cara agar es tidak mengental saat dimasukkan ke wadah plastik adalah dengan menggunakan corong dari botol bekas yang telah dipotong. Sebelum dimasukkan lewat corong, bahan yang mengental tadi jangan dihancurkan terlebih dahulu karena dapat menyebabkan warna-warnanya tercampur bila dituangkan. Setelah ditaruh diwadah plastik es sesuai warna yang diinginkan, masukkan kedalam freezer sampai es pelangi membeku dan siap dikonsumsi.
Cara memasukkan bahan ke wadah plastik

Estimasi Modal dan Laba Penjualan Es Pelangi - Ketika kita berjualan tentunya kita harus pandai menghitung besar modal dan keuntungan yang ingin diraih. Dalam Pelajaran Matematika di kelas 2 SMP ( hayoo masih ingat tidak?) kita diajarkan menghitung harga beli, harga jual, dan untung/rugi dalam Materi Aritmetika Sosial. Eittss, tapi saya nggak mau membicarakan tentang Pelajaran Matematika lagi ya. Tidak perlu menulis ulang rumus-rumus aritmetika sosialnya. hehe. Nah berikut ini saya buat rincian estimasi modal dan laba yang akan diperoleh apabila es tadi terjual habis. Tentunya harga ini berbeda untuk masing-masing daerah ya, yang saya rinci berikut adalah harga di daerah saya untuk hari ini.

Harga Bahan - Bahan:
15 gram Nutrijel leci (2sch) @ Rp 4.000= Rp 8.000
1/2 kg gula pasir Rp 5.500
1 Sachet Santan KARA Rp 2.500
1 kaleng susu kental manis Rp 11.000
4 sdm tepung mayzena Rp 1.000
Plastik pembungkus Rp 2.000
Lain-lain (rebus+kulkas) Rp 4.000
TOTAL: Rp 34.000
HARGA JUAL: 50xRp 1.000 = Rp 50.000
LABA: Rp 16.000

SELAMAT MENCOBA

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Es Pelangi by Mudzalifah Al Qibty"

Post a Comment